Tugas Perkembangan Remaja   3 comments


BAB II

PEMBAHASAN

TUGAS – TUGAS PERKEMBANGAN REMAJA

DAN PELAKSANAANYA

1.ARTI DAN MAKNA TUGAS – TUGAS PERKEMBANGAN

Pendapat beberapa ahli tentang pengertian perkembangan;

  1. Ahli biologi oleh Drs. H.M.Arifin, M.Ed yaitu suatu perubahan dalam tubuh dan integritasberbagai bagian kedalam kesatuan fungsional (dapat diamati) yang saling berkesinambungan, contoh melihat kelakuan para remaja.
  2. Menurut Doring, langfeld, dan Weld perkembangan dicakup dalam satu kata yaitu”kematangan” yaitu suatu perubahan pisik dan psikis telah mengalami tumbuh dan berkembang pada tingkat tertentu sebagai akibat dari pengaruh mengenai kehidupan organisme, contoh seorang remaja yang dapat berkencan tanpa diajarkan terlebih dahulu.

Aspek pisik yaitu jasmani, kelenjar-kelenjar seks dan otak.

Aspek psikis yaitu perilaku seksual, sikap(perasaan/emosi), minat(cita-cita), pribadi, sosial dan moral.

Beberapa pengertian tugas- tugas perkembangan;

1.Menurut R.J. Havighurst tugas – tugas perkembangan diartikan sebagai tugas yang timbul pada suatu periode atau masa tertentu dalam kehidupan seorang.

2.Tugas-tugas perkembangan adalah petunjuk – petunjuk yang memungkinkan seseorang mengerti dan memahami apa yang diharapkan atau dituntut oleh masyarakat dan lingkungan lain terhadap seseorang dalam usia tertentu.

3. Tugas-tugas perkembangan merupakan petunjuk bagi seseorang tentang apa dan bagaimana yang diharapkan di masa yang akan datang, jika dia kelak telah mencapainya.

2.TUGAS-TUGAS PERKEMBANGAN MANUSIA PADA UMUMNYA

Tugas-tugas perkembangan manusia pada umumnya berbeda dalam tiap masa kehidupan yang dirangkum sebagai berikut :

2.1.Pada masa Bayi dan Kanak-Kanak awal :

  1. Belajar jalan, makan dan mengendalikan buang air kecil dan besar.
  2. Memperoleh keseimbangan psikologi.

  3. Belajar konsep sederhana tentang realita sosial dan realita pisik.

  4. Belajar menjalin hubungan secara emosional antara orang tua, saudara dan orang lain.

  5. Belajar membedakan antara yang benar dan yang salah serta mengembangkan hati nurani.

  6. Belajar membedakan jenis kelamin dan menghargainya.

2.2.Pada masa Kanak-Kanak Akhir :

  1. Belajar tentang ketrampilan pisik dalam permainan yang ringan dan mudah.
  2. Membentuk sikap sehat demi kepentingan pertumbuhan.
  3. bergaul dengan teman seusia.

  4. Belajar menyesuaikan diri.

  5. Mengembangkan kata hati, moral dan ukuran nilai.

  6. Mengembangkan ketrampilan dasar.

2.3.Pada Masa Remaja :

  1. Memperoleh kebebasan secara emosional dari orang tuanya dan orang dewasa lainya.
  2. Memilih dan mempersiapkan diri ke arah suatu pekerjaan.
  3. Menjalin hubungan baru dengan teman sebaya baik sesama jenis maupun lain jenis.

  4. Mengembangkan ketrampilan dan konsep intelektual yang diperlukan sebagai warganegara yang terpuji.

  5. Mempersiapkan diri untuk pernikahan.

  6. Menyusun nilai kata hati yang sesuai dengan gambaran dunia yang diperoleh dari ilmu pengetahuan yang memadai.

2.4.Pada Masa Dewasa Awal :

  1. Mulai bekerja dalam suatu jabatan.

  2. Memilih teman bergaul sebagai calon suami atau istri.

  3. Mulai bertanggung jawab sebagai warganegara secara layak.

  4. Belajar hidup bersama dengan suami dan istri.

  5. Belajar mengasuh anak-anak.

  6. Mulai hidup berkeluarga dan mengelola berumah tangga.

2.5.Pada Masa Setengah Baya :

  1. Menetapkan dan memelihara suatu standar kehidupan ekonomi bagi kehidupannya.

  2. Membantu anak-anak remajanya untuk menjadi orang dewasa yang bertanggung jawab dan bahagia.

  3. Mengembangkan kegiatan pengisi waktu luang yang sesuai dengan umur.

2.6.Pada Masa Tua :

  1. Menyesuaikan diri dalam masa pensiun dan pendapatan berkurang.

  2. Memperbanyak beribadah kepada Tuhan YME.

  3. Menyiapkan dan menyesuaikan diri dalam keadaan meninggalnya suami atau istrinya.

3.TUGAS-TUGAS PERKEMBANGAN REMAJA PADAM UMUMNYA

Menurut Karl C.Garrison ada 6 kelompok pembagian tugas perkembangan yang berbeda yaitu :

  1. Menerima Keadaan Jasmani

Para remaja diharapkan dapat menerima keadaan diri sebagaimana adanya keadaan diri mereka sendiri; bukan khayalan dan impian.Diharapkan mereka memanfaatkan dan memelihara secara efektif.

  1. Memperoleh Hubungan Baru dan Lebih Matang dengan Teman Sebaya Antara Dua Jenis Kelamin

Akibat adanya kematangan organ reproduksi memang diharapkan remaja dapat mencari dapat memperoleh teman baru dan menjadi matang berhubungan dengan teman sebaya lawan jenis dalam kelompok mereka.buruknya dari pergaulan tersebut mereka yang tidak diterima oleh kelompok lain membuat kelompok sendiri yang dikenal sebagai “gnag”.

  1. Memperoleh Kebebasan Emosional dari Orang Tua

Tindakan masa kecil diharapkan dihilangkan sebab pentingnya kebebasan emosi ini dapat memupuk mentalitas dalam menyelesaikan setiap masalah dan dapat bertanggung jawab sendiri terhadap setiap langkah pilihannya yang ditempuh.

  1. Mendapatkan Perangkat Nilai Hidup dan Filsafah Hidup

Remaja sangat tertarik pada persoalan yang menyangkut kehidupan dan falsafah hidup, serta soal kaegamaan.Mereka tertarik pada tujuan hidup, memusatkan perhatian pada standar perilaku pada diri, keluarga dan orang lain.Sehingga dapat menuntun dan mewarnai berbagai aspek kehidupannya dalam masa dewasa dan selanjutnya(berguna sebagai kendali atau kemudi dalam kehidupan).

  1. Memiliki Citra-diri yang realistis

Remaja diharapkan memiliki gambaran diri secara realistis, tidak lagi atas dasar hayal (fantasi) tentang gambaran yang muluk-muluk seperti apa yang seringkali mereka pikirkan dan alami dalam masa pubertas atau masa kanak-kanak.

4.PELAKSANAAN TUGAS-TUGAS PERKEMBANGAN REMAJA

1.Pentingnya Kelancaran Pelaksanaan Tugas-Tugas Perkembangan.

Ada tiga aspek kekuatan yang bekerja secara bersama yaitu 1.Adanya kematangan psikis yang dimiliki individu 2.Adanya tekanan berupa harapan dan keharusan kultural dari masyarakat 3.Adanya nilai dan kemauan pribadi seseorang.Usia-usia kritis memiliki pengertian bahwa kesanggupan seseorang dalam melaksanakan tugas perkembangan pada suatu masa kehidupan tertentu akan mendatangkan keadaan dimana seseorang dapat menyesuaikan diri dengan baik.

2.Faktor yang Mempengaruhi Kelancaran Pelaksanaan Tugas-tugas Perkembangan

Dalam pelaksanaannya ada dua kemungkinan dapat terjadi,yang dimaksud adalah lancar atau lambat.Faktor penting yang berpengaruh bagi kelancaran atau keberhasilan pelaksanaan tugas-tugas perkembangan bagi remaja :

2.1.Pertumbuhan pisik remaja.

2.2.Perkembangan psikis remaja.

2.3.Kedudukan/urutan anak dalam keluarga.

2.4.Kemauan dan kesempatan untuk mempelajari atau tidak tugas-tugas perkembangan.

2.5.Motivasi pada seseorang.

2.6.Kelancaran pelaksanaan tugas-tugas perkembangan masa sebelumnya.

3.Beberapa Variasi Dalam Pelaksanaan Tugas-Tugas Perkembangan.

Variasi ini dilihat sebagai bahan pertimbangan untuk menafsirkan pelaksanaan tugas perkembangan remaja yang dimaksudkan.Dengan adanya pertimbangan akan menimbulkan kehati-hatian seorang pendidik atau pembimbing sehingga tidak cepat menilai dan menentukan keadaan seorang remaja sebagai orang terhambat atau lancar.

5.TUGAS-TUGAS PERKEMBANGAN DAN PELAKSANAAN DALAM STRATA KELAS-SOSIAL

Secara teoritis dikemukakan bahwa masyarakat dalam suatu kelas sosial tertentu memiliki pola tingkah laku yang khas dibandingkan dengan pola tingkah laku masyarakat kelas sosial lainnya.Tampak wujud pelaksanaan tugas perkembangan remaja dalam tiap tingkat kelas sosial sebagai berikut :

5.1.Mencapai Hubungan yang Lebih Matang dengan Seorang Lawan Jenis Kelamin.

5.2.Belajar Menerima Peranan Dirinya sebagai Pria atau Wanita.

5.3.Memanfaatkan Keadaan fFsiknya secara Cocok dan Mendayagunakan sebagai Modal Kerja yang Aktif.

5.4.Mencapai Kebebasan dengan Mengurangi Kebergantungan pada Orang Dewasa.

5.5.Mengembangkan Kepercayaan dalam Kemampuan Diri untuk Berdiri Sendiri dalam Hal Keuangan.

5.6.Merencanakan dan Mempersiapkan Diri untuk Memasuki Suatu Lapangan Kerja pada Masa Depan.

5.7.Menetapkan Sikap-sikap dan Memperoleh Pengalaman yang Diperlukan sebagai Persiapan Perkawinan dan Hidup Berkeluarga.

5.8.Mengembangkan Ketrampilan dan Konsep yang Diperlukan untuk Berpartisipasi dalam Hidup Kenegaraan.

5.9.Menyusun Dasar-dasar untuk Dapat Bertingkah laku yang dapat Dipertanggung jawabkan secara Sosial.

5.10.Memperoleh Sikap dan Nilai sebagai Pedoman Bertingkah laku yang Dapat Diterima dan Produktif.

BAB III

PENUTUP

KESIMPULAN

Setelah kami membaca, mencermati dan memahami kami peroleh kesimpulan bahwa tugas-tugas perkembangan remaja memiliki klarifilasi perbedaan yang sangat mencolok antara kanak-kanak, remaja awal, dewasa awal, setengah baya dan masa tua.Tugas dalam nomor 1, 3, 4, 6 dan 7 nadanya relatif sama keadaannya dengan keadaan remajadi Indonesia,tetapi nomor 2, 5, 8 dan 10 masih perlu dipertanyakan keadaanya dengan pelaksanaan tugas perkembangan remaja di Indonesia.

Ada dua hal pokok untuk perbandingan tersebut yaitu

1.Diterima adanya assumsi bahwa di Indonesia terdapat pula kelas-kelas sosial yang secara prinsip sama dengan apa yang ada di negara lain

2.Digunakannya tugas-tugas perkembangan remaja barat bagi remaja Indonesia. kalau tidak, maka diperlukan meninjau tugas remaja Indonesia yang khas sesuai dengan falsafah, sosio-kultural, nilai-nilai dan tujuan umum pendidikan di Indonesia.

SARAN

Berdasarkan karya tulis yang kami buat mungkin ada tambahan-tambahan untuk mengisi kekurangan-kekurangan dalam karya tulis ini. Saran dari semuanya akan kami kumpulkan untuk memberi semangat dan acuan dalam penulisan karya tulis selanjutnya.

DAFTAR PUSTAKA

ANDI MAPPIRE 1982, PSIKOLOGI REMAJA. Usaha Nasional. Surabaya

SARWONO SARLITO W 2002,PSIKOLOGI REMAJA.PT.Raja Grafido Persada.Jakarta

MONKS,F.J.KNOERS.A,M.P.HARDITONO,SITI RAHAYU 2002.PSIKOLOGI dan PERKEMBANGAN.GAJAH MADA UNUVERSITY.YOGYAKARTA

BAB I

PENDAHULUAN

1.LATAR BELAKANG

Remaja merupakan transisi antara masa kanak-kanak menuju masa dewasa,masa setengah baya dan masa tua.Dimana masa remaja memiliki kematangan emosi, sosial, pisik dan psikis. Remaja juga merupakan tahapan perkembangan yang harus dilewati dengan berbagai kesulitan.Remaja dalam tugas perkembangannya memiliki beberapa fase, dengan melihat semakin rumit permasalahanya sehingga dengan mengetahui tugas-tugas perkembangan remaja dapat mencegah konflik yang ditimbulkan oleh remaja dalam keseharian yang sangat menyulitkan masyarakat, agar tidak salah persepsi dalam menangani permasalahan tersebut.

Ada hal yang diharapkan dimiliki oleh remaja dalam mempersiapkan diri memasuki alam kehidupan masa dewasa, serta memiliki kebutuhan pribadi dalam arti luas. Dari segi individu dikaitkan dengan perkembangan pikir, sikap, perasaan, kemauan dan perlakuan nyata.dari segi lingkungan ada semacam ”tuntutan” dari faktor sosial, religius, nilai-nilai dan norma yang hidup didalamnya.Tuntutan itu “dikenakan” bagi individu sebagai bagian dari lingkungan itu juga.

Secara ekstrem dicontohkan : misalnya, tentu tidak normal kalau ada remaja yang masih digendong oleh orang tua mereka, selalu bergantung dan tidak dapat menagani sendiri “pekerjaan rumah” dari sekolahnya.adalah tidak wajar jika remaja tidak dapat atau tidak mau bergaul dengan teman sebayanya, Ringkasnya remaja diharapkan dan dituntut untuk bersikap, berpikir dan berlaku yang sesuai atau cocok dengan tuntutan lingkungannya, serta eksistensinya sebagai remaja.

2.RUMUSAN MASALAH

1.apa pengertian tugas-tugas perkembangan remaja?

2.mengapa perlu diklarifikasi tugas – tugas perkembangan remaja tersebut?

3.TUJUAN

1.Untuk mengetahui pengertian dari tugas-tugas perkembangan remaja.

2.Untuk memahami klarifikasi tugas- tugas perkembangan remaja.

About these ads

Posted Januari 6, 2010 by downixs in kumpulan makalah

Dikaitkatakan dengan ,

3 responses to “Tugas Perkembangan Remaja

Berlangganan komentar dengan RSS.

  1. kembali kasih…..
    salam olahraga

  2. iya sama-sama, semoga bermanfaat
    maju terus olahraga Indonesia
    Bravo Indonesia

  3. oke mg bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: