Rencana Pembelajaran   Leave a comment


BAB 1

PENDAHULUAN

    1. LATAR BELAKANG

Rencana ialah suatu cara agar dapat memperoleh hasil yang maksimal. Dan rencana selalu digunakan untuk pencapaian suatu tujuan yang mengambarkan suatu pengorganisasian.

Rencana pembelajaran merupakan suatu perkiraan atau proyeksi dari pembelajaran yang akan dilakukan untuk pencapaian kompetensi yang direncanakan. Pelaksanaan dalam pembuatan rencana pembelajaran pada awal sebelum pembelajaran dimulai, merupakan suatu langkah yang harus ditempuh guna mendukung proses belajar mengajar dan pencapaiaan tujuan dari pembelajaran tersebut.

Isi dari rencana pembelajaran tersebut meliputi sebagai berikut : Mata Pelajaran, Kelas/Semester, Pertemuan Ke, Alokasi Waktu, Kompetensi Dasar, Indikator, Materi Pokok, Skenario Pembelajaran, Media / Alat, Evaluasi. Dengan kompetensi yang sudah direncanakan maka pembelajaran akan lebih optimal dan tujuan dari pembelajaran akan tercapai.

    1. RUMUSAN MASALAH
  • Apa yang dimaksud dengan rencana pembelajaran?
  • Apa saja isi dari rencana pembelajaran tersebut?
    1. TUJUAN PENULISAN MAKALAH
  • Mengetahui maksud dari rencana pembelajaran
  • Mengetahui isi dari rencana tersebut

2.PEMBAHASAN

2.1 PENGERTIAN RENCANA PEMBELAJARAN

  • Pengertian rencana pembelajaran

- Perkiraan atau proyeksi mengenai tindakan apa yang akan dilakukan pada saat melaksanakan kegiatan pembelajaran

- Rencana yang mengambarkan prosedur dan pengoraginasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam standar isi dan telah dijabarkan dlam silabus

- Pembelajaran adalah proses yang ditata dan diatur menurut langkah-langkah tertentu agar dalam pelaksanaannya dapat mencapai hasil yang diharapkan

- RPP disusun untuk satu Kompetensi Dasar.

Prinsip-Prinsip Pengembangan RPP

  • Memperhatikan perbedaan individu peserta didik

  • Mendorong partisipasi aktif peserta didik

  • Mengembangkan buadaya membaca dan menulis proses pembelajaran

  • Memberikan umpan balik dan tindak lanjut

  • Keterkaitan dan keterpaduan

  • Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi

Tujuan Dan Manfaat

    • Memberikan landasan pokok bagi guru dan siswa dalam mencapai kompetensi

    • dasar dan indikator

    • Memberi gambaran mengenai acuan kerja jangka pendek

    • Karena disusun dengan menggunakan pendekatan sistem, memberi

    • pengaruh terhadap pengembangan individu siswa

    • Karena dirancang secara matang sebelum pembelajaran, berakibat terhadap nurturant effect

Langkah-langkah Penyusunan RPP

    • Mengisi kolom identitas

    • Menentukan alokasi wajtu yang dibutuhkan untuk pertemuan yang telah

ditetapkan

  • Menetukan SK,KD dan Indikator yang akan digunakan ( terdapat pada

silabus yang telah disusun)

  • Merumuskan tujuan pembelajaran berdasarkan SK,KD, dan Indikator yang

telah ditentukan.

  • Mengidentifikasi materi ajar berdasrkan materi pokok atau pembelajaran

yang terdapat dalam silabus.

  • Menentukan metode pembelajaran yang akan digunakan

  • Menentukan langkah pembelajaran yang terdiri dari kegiatan awal, inti,

dan akhir

  • Menentukan alat/bahan/sumber belajar

  • Menyusun criteria penilaian, lembar pengamatan, contoh soal, teknik

penskoran, dll

Prosedur Penyusunan

SK – KD – Indikator

  • Tuliskan standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator yang hendak dicapai. Tuliskan juga nomor kompetensi dasarnya (jika ada)
    Materi Pembelajaran

  • Tuliskan materi pembelajaran (beserta uraian singkat) yang perlu dipelajari siswa dalam rangka mencapai kompetensi dasar dan indikator

Kegiatan Pembelajaran

  • Tuliskan kegiatan pembelajaran berupa kegiatan pembelajaran secara konkret yang harus dilakukan siswa dalam berinteraksi dengan materi pembelajaran dan sumber belajar untuk menguasai kompetensi dasar, mencakup kegiatan tatap muka dan non tatap muka

Alat, Media, Sumber Rujukan

  • Tuliskan berbagai alat dan media atau sumber belajar lain yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran yang sesuai untuk pencapaian kompetensi dasar

  • Tuliskan sumber bahan/rujukan yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran sesuai dengan kompetensi dasar yang harus dikuasai. Gunakan cara penulisan yang sudah baku, tuliskan juga bagian/bab dan halamannya.

Penilaian Pembelajaran

  • Tuliskan prosedur, jenis, bentuk, dan alat/instrumen yang digunakan untuk menilai pencapaian kompetensi dasar oleh siswa, serta tindak lanjut hasil penilaian, seperti: remedial, pengayaan, atau percepatan.

  • Sesuaikan dengan teknik penilaian berbasis kelas, seperti: penilaian portofolio, hasil karya (product), penugasan (project), kinerja (performance), dan tes tertulis (paper & pen test).

BAB III

PENUTUP

3.1 Kesimpulan

Jadi, dapat disimpulkan bahwa pembuatan RPP pendidikan jasmani dapat berguna bagi guru penjas sebagai patokan atau acuan dalam proses belajar mengajar siswa. guna mendukung proses belajar mengajar dan pencapaiaan tujuan dari pembelajaran tersebut. Dengan kompetensi yang sudah direncanakan maka pembelajaran akan lebih optimal dan tujuan dari pembelajaran akan tercapai

Daftar Rujukan

D. dwiyogo Wasis. 2007. Pengembangan kurikulum penjas dan olahraga, malang wineka media

About these ads

Posted Januari 6, 2010 by downixs in kumpulan makalah

Dikaitkatakan dengan ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: